Cara Memasang Closet Duduk Semua Merk Paling Mudah dan Cepat Terbaru 2020

By | 30 Desember 2019

Cara Memasang Closet Duduk – Secara umum terdapat dua jenis kloset atau toilet yang bisa kita lihat dari segi cara penggunaannya ketika kita akan buang hajat. Dua jenis toilet atau kloset ini adalah kloset duduk dan juga kloset jongkok. Di Indonesia  sendiri telah menjadi suatu kebiasaan dan sanagat umum untuk menggunakan kloset atau toilet jongkok ini pada WC atau kamar mandi. Akan tetapi kalau di pedesaan biasanya akan lebih banyak juga yang menggunakan “WC cemplung”. Yang dibuat atau di pasang pada atas sungai atau kolam ikan.

Namun pada saat ini dengan semakin pesatnya berkembangnya teknologi, kemudahan dalam mencari bahan bangunan dan juga semakin terbukanya wawasan masyarakat terhadap pentingnya higienitas toilet serta pengaruhnya terhadap kesehatan tubuh, maka untuk penggunaan kedua jenis toilet tersebut menjadi semakin canggih dan bersih. Untuk kamu semua yang saat ini sedang berpikiran atau sedang mau membuat atau memasang toilet duduk ini. Maka dalam kesempatan kali ini, infohargamaterial akan menjelaskan mengenai bagaimana cara memasang closet duduk yang benar serta cara memasang tutup kloset duduk. Oke langsung saja kita berpaling menuju ke pambahasan selanjutnya.

Mengenal Merk Dan Cara Memasang Closet Duduk

Cara Memasang Closet Duduk Semua Merk Paling Mudah dan Cepat Terbaru 2020

Sebenarnya untuk penggunaan dari masing-masing jenis kloset atau toilet tersebut sangat bergantung pada kebiasaan dari seseorang semenjak kecil. Namun kebiasaan tersebut masih dapat saja berubah sesuai dengan tingkat pengetahuan seseorang dan juga tingkat ekonominya. Mengapa bisa dikatakan demikian, karena memang faktor ini tidak mutlak. Tapi untuk penggunaan kloset ataupun toilet duduk ini kebanyakan digunakan oleh orang-orang kalangan ekonomi menengah ke atas. Meski jika dilihat dari sisi kesehatannya untuk kedua jenis toilet tersebut masih ada dalam perdebatan dan juga penelitian.

Dan sekarang juga banyak sekali merk peralatan manda atau buang air yang sangat terkenal. Mulai dari Toto, Ina American Standard Renovo dan lain sebagainya. Maka dari itu juga, sekarang banyak sekali masayarakat yang mencari tahu tentang  cara memasang closet duduk merk ina, cara pasang pelampung closet duduk toto, cara memasang closet duduk american standard, cara pasang closet duduk renovo dan lan sebagainya. Tidak lain karena memang merk-merk inilah yang saat paling banyak digunakan dan diminati oleh masyarakat umum. Untuk cara memasang closet duduk otomatis ataupun yang biasa sebenarnya tidak jauh berbeda. Tidak berbeda juga dengan cara pemasangan kloset duduk toto yang sama saja dengan cara pemasangan pada merk lainnya.

Cara Memasang Closet Duduk

Pemasangan kloset atau toilet duduk ini merupakan salah satu bagian yang sangat penting dari pembuatan kamar mandi modern. Dengan menggunakan penjelasan berikut ini, paling tidak Anda dapat untuk langsung mempraktekannya sendiri.

Hal-hal yang perlu untuk diperhatikan dalam memasang kloset/toilet duduk ini adalah kamar mandi harus telah dipasang dengan keramik kamar mandi dan diisi nad. Saluran air bersih (pipa suplai) dengan ukuran 1/2 inchi yang berada di belakang kloset juga harus telah disiapkan dulu. Pipa dengan ukuran 4 inchi sebagai saluran pembuangan ini harus telah dipasang dengan bagian ujung pipanya sejajar atau rata dengan lantai keramik yang digunakan.

Ikutilah prosedur berikut:

  1. Buka cover toilet set lalu baca petunjuk, dengan begitu maka akan diketahui jarak dari dinding belakang kloset menuju ke bagian tengah pipanya (jika mrek American Standard biasanya berukuran 30,5 cm).
  2. Persiapan alat yang diperlukan antara lain adalah : Bor listrik, gergaji besi, meteran ukur, obeng plus dan juga obeng minus, Catut atau tang kakaktua, kunci pipa, kunci inggris, lem silicon, dynabolt ukuran 10 mm sebanyak 2 buah, kunci 10 dan 12.
  3. Mempersiapkan lubang untuk pembuangan dan pipa suplai air bersih sebelum melakukan pemasangan kloset. Sebagaimana yang pernah dijelaskan di atas.
  4. Ukur lubang pengunci bowl (untuk merek American Standard biasanya berjarak 14,5 cm), tandai dengan menggunakan pensil atau sejenisnya, dan lubangi pada sisi kanan dan juga kiri dengan jarak tersebut dengan cara membagi dua titik tengah pipa. Kemudian langsung masukkan dynabolt, kencangkan menggunakan kunci 12, lalu lepaskan mur-nya.
  5. Balik kloset lalu pasang wax ring dengan cara menekannya pada bagian sisi lubangnya dan disini pastikan lengket pada sisi lubang kloset.Cara Memasang Closet Duduk Semua Merk Paling Mudah dan Cepat Terbaru 2020
  6. Pasang stop kran, T, flexible hose dan juga jet shower yang berada di bagian belakang kloset. Gunakan kunci inggris dalam mengencangkan drat-nya.
  7. Jika kloset duduk ini menggunakan tempat duduk yang memiliki bijet, maka untuk T juga harus dipasang pada bagian belakangnya juga. Jika kloset ini dipasang terlebih dahulu, maka akan menyulitkan Anda ketika akan memasang stop krannya.
  8. Pasang kloset ini di atas lubang pipa yang tadi telah dipasang dynabolt pada kedua sisi kanan dan kiri. Masukkan juga lubang kaki kloset pas pada dynabolt dan setelah itu pasang ring dan mur, kemudian kencangkanlah dengan menggunakan kunci 12.
  9. Pasang alat-alat dalam tangki/tank trim dan untuk memasangnya pada kloset dengan memasang rubber tank terlebih dahulu yang bisa sebagai pencegah bocor dan dudukan tanki.
  10. Sambungkan flexible hose pada T dan juga tank trim lalu kencangkan dengan memutar drat secukupnya.
  11. Pengaturan ketinggian air pada kloset dapat Anda atur sendiri sesuai dengan selera.
  12. Tahap berikutnya adalah dengan memasang tutup tangki dan tombol (push button).
  13. Kemudian pasanglah seat cover pada kloset.
  14. Lakukan pengetesan pada kloset jika kloset telah dipasang, apakah terdapat rembesan ataupun ada kebocoran pada tangki dan flexible hose.

Video Memasang Closet Duduk

Demikian cara mudah untuk cara memasang closet duduk. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu update mengenai dunia permaterialan dan bangunan hanyadi website infohargamaterial. Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *