Daftar Harga Bambu Per Batang Kualitas Terbaik Paling Awet Terbaru 2020

By | 27 Desember 2019

Harga Bambu – Bambu adalah salah satu bahan material yang bersifat natural serta dapat untuk di daur ulang. Sebagai salah satu bahan-bahan untuk membangun rumah, bambu juga sudah sejak lama sekali digunakan. Bahkan sekarang bambu juga sudah banyak dieksploitasi untuk kembali diperdalam lagi seberapa kuat material tersebut. Apabila kita bandingkan dengan kayu yang membutuhkan waktu sekitar 10 tahun lebih untuk penanaman, masa panen bambu ini pastinya jauh lebih cepat yakni hanya sekitar tiga tahun saja. Sebagai material bangunan, bambu ternyata memiliki kekuatan serta kelenturan yang akan membuatnya kokoh dan tahan akan gempa.

Daftar Harga Bambu Per Batang Kualitas Terbaik Paling Awet Terbaru 2020

Dan untuk kamu semua yang penasaran dengan harga berbagai macam bambu, maka infohargamaterial akan memberikan gambarannya untuk kamu semua. Sebelumnya saya juga pernah membahas mengenai harga kayu yang bisa juga kamu baca. Kita kembali lagi ke bambu, bambu juga seperti yang kita ketahui memiliki bobotnya yang ringan serta memiliki rongga pada bagian dalam. Banyak orang yang berasumsi bahwa rongga ini adalah kelemahan bambu, tapi nyatanya itu malahan salah satu elemen kekuatan dari bambu. Rongga tersebut biasa disebut dengan nama bracer, dimana bracer sendiri dapat memperkuat bambu serta juga dapat membuat elemen yang umumnya digunakan sebagai bagian struktur menjadi lebih ringan serta tidak kaku. Dalam bangunan, bambu juga dapat diaplikasikan sebagai berbagai macam yakni diantaranya adalah sebagai bekisting, kolom atau tiang, dinding rumah, lantai rumah, furniture, pagar rumah, pintu rumah dekorasi kamar tidur dan lain sebagainya.

Mengenal Jenis dan Harga Bambu Per Batang Kualitas Tinggi Terbaru

Ada banyak sekali jenis bambu yang saat ini banyak sekali di cari oleh masyarakat dan banyak digunakan untuk berbagai macam  kegunaan yang berbeda. Saat ini yang paling banyak di cari antara lain adalah harga bambu petuk asli, harga bambu kuning, harga bambu ketemu ruas, harga bambu gombong, harga bambu duri. Itulah beberapa bambu yang sangat banyak sekali di cari masyarakat saat ini. Dan untuk kamu semua yang ingin membeli bambu untuk berbagai macam keperluan yang berbeda. Maka ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu tentang berbagai jenis bambu dengan kualitas, keunggulan serta harga yang berbeda-beda.

Jenis Bambu Untuk Material

Berdasarkan keterangan tersebut, maka dapat kita simpulkan bahwa bambu memiliki banyak manfaat yang sangat banyak dalam dunia konstruksi bangunan. Bambu juga dapat digunakan untuk pilihan material dalam membuat berbagai jenis-jenis rumah tinggal termasuk juga rumah minimalis sederhana. Namun tentunya tidak semua jenis bambu dapat digunakan. Ada beberapa jenis bambu yang dapat digunakan untuk konstruksi yang memiliki kriteria serta karakteristik yang sesuai. Berikut ini adalah beberapa jenis bambu untuk konstruksi yang dapat kamu gunakan :

1. Bambu Batu atau Bambu Petung (Dendrocalamus Asper)

Pertumbuhan bambu ini sendiri dapat mencapai lingkar diameter sebesar 20 cm dengan panjang yang dilansir  dapat mencapai ukuran 25 meter. Bambu petung ini memiliki ciri-ciri khas yakni antara lain diamaternya lebih besar apabila dibandingkan dengan jenis bambu lain. Jenis bambu batu ini biasanya juga dimanfaatkan untuk pembuatan tiang ataupun penyangga bangunan. Tidak hanya itu bambu ini juga dapat kita gunakan sebagai bahan industri pulp dan juga kertas, kayu lapis, mebel, anyaman, peralatan pertanian, perternakan dan masih banyak lagi lainnya. Untuk harga bambu batu atau bambu petung ini sendiri adalah di hargai di kisaran Rp. 180.000 per batang.

2. Bambu Hitam, Pring Wulung, Peri Laka (Gigantochloa Astroviolacea)

Apabila dibandingkan dengan jenis bambu batu atau petung, pertumbuhan bambu ini cenderung memang lebih kecil yakni hanya mencapai diameter sebesar 14 meter saja dengan panjang sekitar 20 meter. Salah satu jenis bambu hitam yang sering kita temui adalah bambu wulung, dimana ciri-cirinya adalah memiliki rumpun yang cenderung tidak rapat serta warna kulit batang yang hijau sedikit kehitamanan. Selain itu juga terdapat serta bergaris kuning muda.

Bambu hitam ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan instrument musik. Misalnya saja seperti angklung, calung, gambang serta untuk pembuatan cemplung. Selain itu, bambu jenis ini juga dapat digunakan sebagai bahan-bahan dasar insdustri kerajinan tangan dan juga untuk bahan pembuatan mebel karena dinilai memiliki daya tahan yang bagus terhadap hama. Untuk harga bambu hitam ini di hargai di angka Rp. 32.000 sampai Rp. 35.000 per batang.

3. Bambu Apus, Pring Apus, Peri (Gigantochloa Apus)

Jenis bambu ini merupakan bambu yang memiliki diameter paling kecil, yakni sekitar 4 sampai 10 meter. Sehingga bambu ini akan sangat cocok digunakan sebagai tanaman pagar hias,. Kamu juga dapat membaca cara membuat pagar tanaman untuk melihat bagaimana cara membuatnya. Salah satu jenis bambu ini yang tidak asing lagi adalah bambu apus, dimana ciri-cirinya adalah dapat tumbuh di dataran rendah ataupun di daerah pegunungan. Warna kulit batang ini adalah hijau tua sampai dengan ada yang sedikit kehitaman. Harga bambu apus sendiri adalah Rp. 28.000 per batang.

Batang dari bambu ini sendiri dapat kita manfaatkan sebagai alat pembuatan pegangan payung, peralatan memancing, kerajinan tangan seperti rak buku, insdustri pulp dan juga kertas sebagai dimanfaatkan sebagai penghalau angin kencang atau wind-break. Dan untuk memperkuat keawetan bambu, maka kamu bisa memilih cat kayu yang memang cocok untuk finishing bambu.

Tabel Daftar Harga Bambu Per Batang Kualitas Tinggi Terbaru

JenisDiameter (cm)Panjang (cm)Harga/Batang
Petung (D. asper)12 - 14500 - 600151.000
Petung (D. asper)14 - 16500 - 600Rp 181.000
Wulung (G. atroviolacea)6 - 8500 - 600Rp 33.000
Wulung (G. atroviolacea)8 - 10500 - 600Rp 36.000
Apus (G. apus)4-6500 - 600Rp 29.000
Apus (G. apus)6-8500 - 600Rp 32.000
Cendani (P. aurea)1.5 - 2.0300Rp 10.500
Cendani (P. aurea)2.0 - 3.5300Rp 13.500

Demikianlah pembahasan ayng dapat saya lakukan mengenai harga bambu. Oh ya saya juga harus mengingatkan bahwa harga yang telah saya sebutkan di atas mungkin saja akan berbeda dengan harga yang ada di kota atau daerah kamu masing-masing. Maka dari itu kalau mau membeli, cek dulu harganya di website infohargamaterial. Karena disini ahrganya akan di update setiap minggunya. Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *