Daftar Harga Hebel AAC Dan CLC (Harga Distributor & Pabrik) Termurah 2020

By | 25 Desember 2019

Harga Hebel – Selamat datang kembali di infohargamaterial yang akan membahas semua hal yang berhubungan dengan bahan-bahan material. Mulai dari besi, atap, baja, wc, wastafel, interior, eksterior, halaman, keramik, semen, pasir dan berbagai alat-alat perkakas bangunan. Dan dalam kesempatan kali ini, akan ada pembahasan mengenai harga dari hebel atau bata ringan. Tentunya hebel atau bata ringan yang akan saya bahas disini adalah bata ringan semua jenis, ukuran atau bahan pembuatan yang berbeda. Yang tentunya paling laris di pasaran dengan kisaran harga yang berbeda-beda pula.

Daftar Harga Hebel AAC Dan CLC (Harga Distributor & Pabrik) Termurah 2020

Seperti yang kita ketahui, bahwa hebel sering kali digunakan untuk berbagai macam rumah atau bangunan yang memiliki sifat minimalis. Hebel ini bisa kita gunakan untuk pondasi utama dalam pembuatan rumah. Dan sekarang banyak sekali yang telah memilih jenis bata ini di bandingkan dengan memilih bata merah ataupun batako yang lain. Akan tetapi tentunya jenis bata ringan ini memiliki kelebihan atau kekuranannya masing-masing. Dan apabila anda ingin menggunakannya, bisa untuk membandingkannya terlebih dahulu dengan berbagai bata lainnya. misalnya saja bata merah bata putih dan berbagai jenis bata yang lainnya.

Daftar Isi

Mengenal Jenis Hebel Atau Bata Ringan Terbaru

Hebel ini tentunya dijual dengan takaran atau ukuran dan juga harga yang berbeda-beda. Misalnya saja untuk harga hebel per kubik, per 1 kubik, satuan, murah, per m3, per m2, per meter persegi, harga hebel bangunan, per meter, ada juga yang per 10 cm. Maka akan ada baiknya untuk anda bisa mengetahui mengenai berbagai jenis hebel di bawah ini:

Hebel AAC

Daftar Harga Hebel AAC Dan CLC (Harga Distributor & Pabrik) Termurah 2020

Bata ringan AAC ini adalah sebuah beton selular dimana gelembung udara yang ada di dalamnya disebabkan oleh sebuah reaksi kimia. Reaksi kimia ini yaitu ketika bubuk aluminium atau aluminium pasta yang digunakan mengembang seperti yang bisa kita lihat pada prosess pembuatan roti saat menambahkan ragi sebagai pengembang adonan roti. Untuk material pembuatan dari bata ringan AAC ini sendiri adalah dengan memakai pasir yang khusus. Disini akan menggunakan pasir silika (> 95% SiO2) dan harus prosesnya harus digiling sampai menjadi ukuran mikro.

Hal inisama halnya seperti apabila kita melihat proses pembuatan roti. Pada AAC ini tingkat ekspansi adonannya juga tidak bisa di kontrol secara tepat. Maka dari itu biasanya akan mengembang keluar dari cetakannya. Dan karena hal ini maka harus dipotong agar mendapatkan dimensi sesuai dengan yang dibutuhkan. Gelembung udara yang relatif banyak ini akan memungkinkan untuk dihasilkannya AAC dengan kerapatan yang tepat yaitu dengan kerapatan rendah sekitar 700 – 800 kg / m³.

Sementara itu untuk susunan gelembung udara ACC yang terbentuk akan saling terhubung antara satu sama lainnya. Hal ini tentunya akan mengakibatkan menjadi air menjadi lebih mudah untuk meresap ke dalam beton. Maka dari itu pada pengaplikasian hebel ini harus diberikan juga perlindungan yang kedap air sama halnya seperti plaster kedap air.

Agar menghasilkan kuat tekan yang cukup untuk proses pengeringan pada AAC ini. Maka harus menggunakan tabung autoklaf yang memiliki tekanan tinggi. Akan tetapi yang cukup disayangkan adalah pada proses curing atau pengeringan ini dapat menghancurkan proses hidrasi dari semen yang sedang terjadi saat itu. Oleh karena alasan inilah, maka hebel atau bata ringan AAC di wajibkan untuk benar-benar terlindungi dari kelembaban.

Sementara itu seperti yang sudah katakan bahwa bata ini bisa digunakan untuk membuat pondasi dinding sama saja seperti bata pada umumnya. Untuk harganya sendiri berada dikisaran sekitar Rp. 590.000/m3. Dan untuk harga hebel AAC satuannya adalah di angka Rp. 8.000-Rp. 9000-an saja. Harga ini bisa berbeda tergantung dengan ukuran hebel ini sendiri atau juga berbeda di berbagai kota besar di Indonesia. Misalnya saja di Bandung, Jakarta, Bogor, Surabaya, Semarang, Solo dan lain sebagainya.

Hebel CLC

Daftar Harga Hebel AAC Dan CLC (Harga Distributor & Pabrik) Termurah 2020

Sementara itu untuk bata ringan CLC sendiri adalah beton selular yang dalam pembuatannya telah mengalami proses curing akan tetapi secara alami. Hebl CLC merupakan beton konvensional yanag mana pada agregat kasar atau kerikilnya digantikan dengan udara. Di dalam prosesnya menggunakan busa organik yang memiliki kestabilan yang sangat bagus sehingga tidak akan ada reaksi kimia ketika melakukan proses pencampuran adonan, foam/busa yang digunakan sebagai media untuk membungkus udara dalam hebel jenis ini.

Semua peralatan yang digunakan untuk menmbuat CLC ini juga standard, sehingga untuk produksinya dapat dengan mudah pula untuk diintegrasikan ke dalam pabrikasi beton yang sifatnya konvensional. Disini hanya pasir, semen, air dan foam yang akan digunakan. Sementara itu untuk kepadatan yang didapatkan juga bisa disesuaikan. Bisa mulai dari 350 sampai 1.800 kg / m³ dan juga kekuatannya dapat juga dicapai dari yang paling rendaj 1,5 sampai dengan lebih 30 N / mm ².

Pasir sungai dengan ukuran 2, 4, 6 dan 8 mm dapat digunakan. Hal ini tergantung juga pada kepadatan yang diinginkan saat membuat hebel. Semen portland merupaan pilihan paling tepat karena menawarkan kinerja sangat optimal. Akan tetapi jenis semen lain juga bisa untuk digunakan. Kepadatan beton ini bisa disesuaikan, berbagai ukuran dan maupun panel prefab dapat juga diproduksi. Akan tetapi di atas kepadatan dari 1.200 kg / m³ untuk semua aplikasi struktural dapat menggunakan rangka baja di dalamnya.

Pada Hebel CLC, Gelembung udara yang dihasilkan benar-benar terpisah antara satu dengan lainnya. Sehingga penyerapan air yang dilakukan akan jauh lebih sedikit dan baja juga tidak perlu untuk dilapisi dengan lapisan anti korosi. Beton yang memiliki kepadatan diatas 1.200 kg/m3 juga tidak memperlukan plester lagi. tidak seperti pada hebel AAC, untuk hebel CLC hanya cukup di cat saja. Penyerapan air  yang terjadi juga akan lebih rendah daripada di hebel AAC dan masih cukup baik apabila kita bandingkan dengan beton konvensional biasa.

CLC sama sebenarnya saja saja dengan beton konvensional. Karena kekuatannya akan bertambah seiring dengan waktu melalui berbagai kelembapan yang alamiah pada tekanan atmosfir saja. Walaupun tidak seringan hebel AAC, akan tetapi CLC tetap menawarkan penurunan berat badan yang bisa di bilang cukup besar, apabila kita dibandingkan lagi dengan beton konvensional. Selain itu untuk isolasi termal 500% lebih tinggi dan tahan terhadap api. Untuk harganya sendiri per meter kubiknya juga tidak jauh berbede dengan jenis AAC. Untuk jenis hebel CLC ini di hargai di kisaran harga Rp. 600.000-an/m3. Dengan harga satuannya yang paling hanya di banderol di angka yang murah. Harga Hebel CLC ini adalah Rp. 8.700-an saja per buah. Akan tetapi untuk ukuran hebel yang berbeda, harganya juga akan berbeda.

Demikianlah pembahasan yang dapat saya lakukan mengenai harga hebel ini. Semoga dapat membantu anda semua. Dan sekali lagi saya ingatkan bahwa harga yang telah saya sebutkan, mungkin saja untuk mengelami berbagai macam perbedaan di daerah atau wilayah anda masing-masing. Maka dari itu anda harus selalu cermat saat akan membelinya. Dan apabila anda ingin selalu update mengenai harga dari berbagai bahan material, maka bisa dengan cara selalu mengeceknya di infohargamaterial. Karena disini akan di update setiap minggunya. Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *