Daftar Harga Kayu Akasia Balok Per Kubik Batang Terbaru 2020

By | 3 Februari 2020

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dengan berbagai macam hasil kayu yang sangat besar. Salah satu jenis kayu terkenal dari Indonesia adalah kayu Akasia. Buat Anda yang belum mengenal jenis kayu ini, maka Infohargamaterial akan membahas karakteristik kayu beserta update harga kayu akasia terbaru saat ini.

Walaupun sekarang kayu Akasia mungkin sangat asing di telinga masyarakat, tapi sebenarnya kayu ini pernah mengalami masa populer. Kita bisa flashback kebelakang tepatnya pada tahun 80-an. Mulai pada tahun itu kayu akasia banyak digunakan sebagai bahan material pembuatan kertas dan berlanjut buat bahan furniture.

Mengenal Karakteristik Kayu Akasia

Daftar Harga Kayu Akasia Balok Per Kubik Batang Terbaru 2020

Kalau kita melihat kayu akasia sekarang, memang bukan hanya dimanfaatkan buat bahan bakar pembuatan kertas saja. Akan tetapi sudah mulai dipakai pada industri woodworking terutama pada pembuatan mebel. Selain itu kayu akasia juga banyak dipakai jadi bahan material fooring dan decking kayu.

Untuk pohon kayu akasia sendiri masuk dalam family Leguminosae dan memiliki nama latin Acacia Mangium. Pohon akasia bisa tumbuh sampai ukuran tinggi 30 meter dengan diameter 1 meter. Kalau akan dipakai buat kertas, diamater pohonnya harus 15-20 cm. Sedangkan kalau buat mebel harus 25 cm.

Sementara itu untuk warna kayu akasia sendiri cenderung cokelat biasa mulai dari cokelat kehijauan. Dan untuk densitas kayu akasia sendiri 450-600 kg per meter kubik. Dan untuk kelembaban atau MC dari kayu akasia masih dalam level 12 %.

Kayu akasia sebenarnya tergolong dalam kayu yang mudah diproses. Kayu ini pun sangat kuat apabila mau dipaku dan disekrup. Untuk perekatan kayu juga sangat mudah dilakukan. Jadi banyak yang mencari akasia dengan harga kayu akasia balok, gelondongan atau batangan terbaik untuk membuat berbagai olahan kayu.

Pengerjaan dan Keawetan Kayu Akasia

Dalam pengerjaan kayu akasia sendiri bakalan tergantung sama ketebalan kayu. Kalau mau memproses kayu dengan ketebalan 2.5 cm, maka bisa makan waktu 45-60 hari. Kalau lebih tipis, paling tidak butuh 30 hari. Pas pengerjaan harus hati-hati banget karena kayu akasia tergolong cukup mudah mengalami susut.

Sementara itu kalau tingkat keawetannya sendiri kayu akasia itu masuk dalam kelas III. Memang cukup berbeda dibanding dengan kayu jati yang ada dalam kelas I. Karena berada pada kelas III, maka cukup rentan mengalami serangan jamur ataupun serangga. Hal ini sangat mungkin terjadi apalagi kalau buat eksterior.

Manfaat Kayu Akasia

Untuk penggunaan kayu akasia itu memang ada banyak. Berikut ini beberapa contoh pemanfaatkan kayu akasia :

  • Bahan baku mebel. Anda bisa menggunakan kayu akasia sebagai bahan material pembuatan meja, bangku, kursi, lemari, ranjang dan sebagainya.
  • Benda kerajinan. Kayu akasia bisa digunakan untuk bahan material pembuatan vas ataupun alat aksesoris rumah lainnya.
  • Pegangan tangan.
  • Digunakan sebagai material rumah seperti daun pintu, jendela dan sebagainya.
  • Bahan pembuatan tiang rumah,
  • Kayu akasia untuk berbagai macam mainan
  • Bahan material pembuatan berbagai jenis alat musik.

Dipasaran Anda juga bisa menemukan pintu kayu akasia, kayu akasia 6×12 8×12, lemari kayu akasia, kayu kaso akasia, dipan kayu akasia, daun pintu kayu akasia 2 pintu 3 pintu, akasia mangium, arang kayu akasia, bibit kayu akasia, bufet kayu akasia, gawang kayu akasia, jendela kayu akasia, akasia log, reng akasia, usuk akasia, kitchen set akasia, kulit kayu akasia, mebel kayu akasia, tempat tidur kayu akasia dan sebagainya.

Untuk harga kursi sudut kayu akasia, harga kusen pintu kayu akasia ataupun olahan lainnya bisa dibilang masih terjangkau. Hal yang penting diketahui karena kurang cocok dipakai di luar ruangan, maka pakai saja sebagai interior rumah.

Harga Kayu Akasia di Pasaran

Daftar Harga Kayu Akasia Balok Per Kubik Batang Terbaru 2020

Kalau kita berbicara mengenai harga, maka banyak menemukan harga kayu akasia per kubik, harga kayu akasia gelondongan, per batang, per lembar atau per meter. Untuk harga per kubik dengan ukuran panjang 4 meter dengan diameter 40 cm, maka dihargai Rp. 1.450.000. Kalau ukuran semakin kecil, maka makin murah.

Kekurangan Kayu Akasia

Perlu diketahui seperti yang telah saya katakan sebelumnya kalau kayu akasia masuk dalam kelas III. Maka dari itu banyak kekurangan uang bisa kita lihat. Apalagi kalau pengolahan kayunya tidak baik. Salah satu sifat kurang dari kayu akasia yaitu tidak tahan lama karena begitu rentan rusak.

Karena kekurangan inilah pengolahan kayu akasia harus melalui treatment untuk perawatan kayunya dulu.

Untuk harga yang sudah saya sebutkan pada pembahasan ataupun tabel merupakan harga di seluruh wilayah Indonesia. Kalau Anda mencari di Jawa Tengah, Jogja, Tangerang, Jakarta, Pekanbaru, Batam, Balikpapan, Bali, Bengkulu dan sebagainya bisa beda. Apalagi kalau hasil impor dari  Malaysia, Thailand atau negara lainnya.

Sementara itu supaya Anda bisa selalu beli kayu akasia dengan kualitas terbaik, maka sangat disarankan beli langsung di distributor kayu terpercaya. Di setiap daerah saya yakin pasti akan ada distributor kayu besar. Itulah pembahasan mengenai karakteristik kayu akasia lengkap dari Infohargamaterial. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *