Daftar Harga Kayu Eboni Hitam Sulawesi Kalimantan Per Kubik Terbaru 2020

By | 21 Januari 2020

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dengan kekayaan flora dan fauna. Salah satu kekayaan flora negara kita bisa terlihat dari banyaknya kayu yang terus dimanfaatkan. Salah satu jenis kayu yang banyak dimanfaatkan adalah kayu Eboni. Infohargamaterial kali ini akan membahas karakteristik beserta daftar harga kayu eboni terbaru.

Kayu Eboni sendiri bukan hanya dimanfaatkan di negara kita saja. Banyak juga negara di luar Indonesia yang sudah memunculkan ketertarikan akan kayu Eboni. Maka dari itulah budidaya kayu Eboni sekarang juga mulai digalakkan kembali. Lalu sebenarnya bagaimana karakteristik kayu Eboni? Apa saja manfaat kayu Eboni? Berapa harganya?

Mengenal Karakteristik Kayu Eboni

Daftar Harga Kayu Eboni Hitam Sulawesi Kalimantan Per Kubik Terbaru 2020

Kayu Eboni berasal dari pohon Eboni yang banyak tumbuh diwilayah Sulawesi. Pohon yang memiliki nama biologis Diospyros Celebica ini sering juga disebut dengan Black Ebony atau Makassar Ebony. Penamaan Makassar Ebony atau Eboni Makassa ini sendiri adalah acuan mengenai titik pelabuhan utama yang berada di wilayah Sulawesi.

Untuk daerah yang menjadi pusat persebaran kayu Eboni di wilayah Indonesia memang Sulawesi. Bisa kita lihat di provinsi Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara sampai Gorontalo. Karena memiliki banyak stok di alam, maka kayu Eboni telah dieskpor ke negara lain seperti Jepang dan beberapa negara Eropa.

Kayu Eboni sendiri punya warna yang kalau dilihat jelas memang sedikit gak teratur. Akan kita temukan juga bentuk seperti guratan atau bercak yang bentuknya acak. Untuk warna sendiri lebih banyak coklat kemerahan dan hitam. Selain itu akan kita temukan berupa strik yang cenderung lebar.

Sementara itu kalau teksturnya sendiri ternyata lebih halus dan terlihat sempurna. Walaupun belum diolah, akan tetapi tetap terlihat begitu sempurna digunakan.

Kalau Anda mencari pohon Eboni di alam, maka bisa menemukan pohon dengan ketinggian 20-40 meter dan diameter 100 cm. Pohon Eboni juga mampu menghasilkan bunga serta biji. Biji ini yang kadang dimanfaatkan juga. Perlu diketahui kalau sebuah pohon eboni bisa hidup bahkan sampai usia 100 tahun bahkan lebih!

Manfaat Kayu Eboni

Kayu Eboni memang termasuk kayu komersil dengan berbagai macam manfaat.Sifatnya yang kuat dan memiliki kualitas lebih baik dibanding kayu jati juga membuatnya banyak diburu. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat kita raih dari penggunaan kayu Eboni :

  • Pelindung sinar matahari. Pohon kayu Eboni terkenal sangat tinggi dan lebar. Hal inilah yang dapat kita manfaatkan sebagai pelindung dari terpaan sinar matahari. Maka dari itu cocok rasanya apabila menanam pohon eboni di sepanjang jalan ataupun daerah sekitar taman kota yang asri.
  • Pohon eboni terkenal memiliki kemampuan penuerapan air yang sangat besar. Kemampuan ini sendiri akan berguna sebagai salah satu tempat persediaan air mata dalam jumlah besar. Dengan adanya pohon Eboni disekitar kita akan membuat suasasa terasa selalu adem.
  • Kualitas kayu Eboni dianggap lebih baik dari pada kayu jati. Kita bisa melihat kayu eboni yang digunakan sebagai bahan pembuatan berbagai macam furniture seperti kursi kayu eboni atau patung kayu eboni. Karena kualitasnya yang super baik inilah harga jual kayu eboni mentah ataupun olahan bisa sangat mahal.
  • Manfaat terakhir adalah penghijauan. Pohon Eboni saat ini termasuk langka. Maka dari itu akan lebih banyak dilakukan penanaman di daerah seperti hutan kota ataupun beberapa aera tertentu. Penghijauan memakai pohon yang memiliki umur panjang dirasa lebih baik, terutama kalau dilakukan didaerah perkotaan.

Baca Juga :

Harga Kayu Eboni Hitam di Pasaran

Daftar Harga Kayu Eboni Hitam Sulawesi Kalimantan Per Kubik Terbaru 2020

Kalau kita berbicara mengenai harga, maka sudah saya beri tahu sebelumnya akan sangat mahal. Bayangkan saja saat ini harga kayu eboni per kubik terutama yang diekspor bisa mencapai Rp. 30.000-an.

Lalu kalau harga kayu eboni indonesia sendiri lebih murah yakni mulai dari Rp. 5.000.000 – Rp. 10.000.000-an. Ini berlaku buat Anda yang mencari harga kayu eboni sulawesi ataupun harga kayu eboni kalimantan. Karena mahal, gak heran pohon Eboni juga dianggap sebagai pohon emas.

Kayu Eboni Terancam Punah

Kayu Eboni memang mahal bukan hanya karena kualitasnya saja, akan tetapi juga karena kelangkaannya. Kayu yang termasuk mewah ini bisa dibilang dari hari ke hari semakin menurun saja jumlah produksinya. Maka dari itu banyak yang bilang langka. Hampir sama kaya kayu ulin.

Karena kelangkaan inilah kemudian pemerintahan di Sulawesi sana membuat kegiatan budidaya pohon eboni terutama yang untuk komersi. Tentu saja budidaya ini akan lebih baik dilakukan demi menangkal juga kegiatan illegal logging yang masih selalu terjadi.

Program penanaman kembali pohon Eboni sendiri sudah dimulai sejak lama. Bahkan pada tahun 2015 yang lalu telah tercatat kalau ada 50.000 pohon Eboni diwilayah Donggala dan didaerah lain seperti Palu sudah ada 7.000 hektar.

Walaupun sudah termasuk dalam pohon langka, tapi masih belum ada pelarangan penjualannya. Baik keluar negeri ataupun penjualan dalam negeri. Hal inilah yang membuat walaupun pohon eboni masuk World Concervation Union (IUCN) yang beresiko punah, tapi masih tetap dijual belikan.

Karakter kuat dan manfaatnya yang banyak memang membuat kita gak heran Eboni harganya jadi mahal banget. Itulah pembahasan mengenai karakteristik dan update harga kayu Eboni terbaru saat ini dari Infohargamaterial. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *