Daftar Harga Kayu Secang Serut Asli Per Kilo Terbaru 2020

By | 9 Desember 2019

Kayu merupakan bahan material yang banyak digunakan sebagai bahan pembuatan rumah. Selain dipakai sebagai material bangunan, ternyata kayu juga punya manfaat buat kesehatan, salah satunya adalah kayu Secang. Disini Infohargamaterial secara lengkap akan membahas review dan daftar harga kayu secang 2020.

Kayu Secang sendiri sampai saat ini masih banyak ditemukan di Indonesia, maka dari itulah tetap banyak diproduksi sehingga diolah menjadi berbagai macam olahan menarik. Apakah sekarang Anda sedang tertarik membeli kayu Secang? Belum tahu apa saja manfaat dan kegunaannya? Ayo langsung saja kita cek semuanya!

Mengenal Kayu Secang

Daftar Harga Kayu Secang Serut Asli Per Kilo Terbaru 2020

Kita akan langsung berkenalan dengan kayu Secang. Kayu Secang merupakan tumbuhan yang umum dipakai sebagai bahan pembuatan rempah tradisional. Tanamannya banyak ditemukan diwilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia dan Malaysia. Tanaman yang memiliki nama lain Sappanwood ini sebenarnya berjenis kacang-kacangan.

Dimana tanaman dengan nama ilmiah Caesalpinia Sappan ini punya batang kecoklatan dengan daun berukuran kecil. Ukuran tingginya bisa mencapai 6 meter. Tanaman secang ini juga bisa berbunga. Bunganya kalau kita lihat seperti malai yang keluat dari tangkai bunganya. Bentuk mahkotanya seperti tabung dan dominan kuning.

Selain itu tanaman ini juga memiliki buah. Buahnya sendiri kalau sudah matang, maka tananya akan menghitam, Buahnya sendiri memiliki bentuk lonjing dengan panjang rata-rata 1,5 cm. Tanaman ini sangat berguna terutama karena kulit sampai dengan batangnya dapat dimanfaatkan buat kesehatan dan tekstil.

Untuk menemukannya seperti yang telah saya katakan sebelumnya merupakan hal yang tidak sulit dilakukan. Terutama katena di Indonesia juga menjadi penghasil terbesarnya. Kayu Secang sebenarnya mulai banyak dijual belikan pada abad ke-17. Dimana pada saat itu banyak digunakan sebagai campuran obat.

Kita bisa melihat sejarahnya di Jepang, Tiongkok sampai dengan India Timur yang menggunakannya. Sementara itu kalau di Indonesia Secang sendiri akan mudah ditemukan di wilayah Jawa, Sumatera dan beberapa wilayah lainnya. Penyebarannya memang terbilang sangat merata.

Untuk bagian yang digunakan pada kayu Secang seperti yangtelah dikatakan sebelumnya yakni kulit dan batang. Nantinya pohon akan ditebang, dikuliti lalgi dikeringkan. Prosesnya gak terlalu sulit kok! Maka dari itu harga kayu secang per kg untuk jenis harga kayu secang merah ataupun lainnya masih cukup terjangkau.

Manfaat Kayu Secang

Manfaat kayu Secang itu banyak sekali, baik itu untuk kebutuhan kesehaan atau medis sampai dengan kebutuhan rumah tangga seperti tekstil. Untuk contoh manfaat kayu Secang antara lain :

  • Sebagai bahan pewarna makanan alami. Kayu Secang dilengkapi dengan warna kemerahan natural yang sangat mencolok. Hal ini sendiri karena pada kulit kayunya ada senyawa Brazilin. Senyawa inilah yang kemudian membuat kayu secang menghasilkan warna merah yang bisa dipakai buat cat, pewarna makanan dan sebagainya.
  • Bahan campuran minuman. Kalau Anda pernah berjunjung ke wilayah Yogyakarta, mungkin saja pernah mendengar tentang Wedhang Secang. Minuman atau wedhang ini merupakan olahan kayu Secang yang sangat terkenal disana. Sebenarnya manfaatnya sama saja seperti wedhang jahe dimana enak banget dikonsumsi pas suhu dingin.
  • Obat. Olahan kayu secang sangat bagus buat kesehatan atau obat. Untuk membuat kayu secang sebagai obat, maka kita bisa mengkonsumsi 3-10 gr kayu yang direbus. Anda juga bisa mencoba mengkonsumsi bubuk kayu secang. Perlu diingat obat kayu secang gak terlalu cocok buat orang dengan penyakit berhubungan dengan darah ataupun wanita hamil dan menyusui.
  • Sebagai bahan pembuatan aksesoris. Hal ini tentunya karena kayu Secang juga memiliki bau dan warna menarik. Untuk harga tasbih kayu secang asli, harga pipa kayu secang dan aksesoris lainnya sangat murah. Paling berkisar puluhan ribu saja.

Kayu Secang Di Pasaran

Daftar Harga Kayu Secang Serut Asli Per Kilo Terbaru 2020

Kayu Secang di Indonesia termasuk sangat mudah ditemukan. Apalagi Indonesia masuk jajaran negara penghasil kayu Secang terbesar bahkan di skala dunia. Sementara itu harga kayu secang per kilo sendiri tergantung dengan pengolahannya. Misalnya saja untuk yang umum yaitu dihargai kisaran Rp. 30.000-an saja.

Lalu untuk harga kayu secang serut saat ini berkisar Rp. 20.000-an saja. Walaupun sebelumnya sudah mengalami pemrosesan, akan tetapi gak jadi masalah karena harganya tetap stabil. Pokoknya harga kayu secang kering masih dapat dijangkau oleh kantong.

Kayu Secang merupakan salah satu komoditi alam yang sangat menarik. Karena manfaatnya yang banyak, maka membuat kita harus menjadikannya salah satu bahan material alam yang patut diperhitungkan. Apabila Anda memang sudah tertarik membelinya, maka bisa langsung saja mengunjungi distributor tempat penjualan kayu Secang saja. Menurut pengalaman saya, harga yang bisa Anda peroleh itu akan jauh lebih murah.

Tapi disarankan cara ini dilakukan kalau memang Anda mau membelinya dalam jumlah banyak. Kalau membelinya dalam jumlah sedikit, mungking bisa mengunjungi toko herbal di sekitar Anda saja. Umumnya diberbagai macam toko herbal tersebut juga menyediakan kayu secang olahan yang bisa langsung dikonsumsi. Itulah pembahasan terlengkap mengenai kayu Secang dari Infohargamaterial. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *