Daftar Harga Kayu Trembesi Per Kubik Gelondongan Meter Terbaru 2020

By | 7 Februari 2020

Setiap gaya interior di dunia ini rasanya kurang lengkap kalau gak dilengkapi dengan material berbahan kayu. Karena beberapa jenis kayu berkualitas seperti Jati mahal, banyak yang beralih memakai kayu Trembesi. Kali ini Infohargamaterial secara khusus akan membahas karakteristik beserta update daftar harga kayu trembesi terbaru.

Peralihan dari kayu Jati ke kayu trembesi saya sendiri merasa hal yang diperlukan. Apalagi karena permintaan kayu jati yang terus banyak dan semakin mahal, maka harus ada jenis kayu alternatif yang sama bagusnya. Hal inilah yang dilihat dalam kayu Trembesi. Lalu bagaimanakah kualitas kayu Trembesi? Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Mengenal Karakteristik Kayu Trembesi

Daftar Harga Kayu Trembesi Per Kubik Gelondongan Meter Terbaru 2020

Kayu Trembesi merupakan jenis kayu dengan genus Albizi. Kayu Trembesi bisa kita temui di wilayah seperti Jawa, Kalimantan, Maluku, Sulawesi sampai Nusa Tenggara. Pohonnya termasuk snagat cepat masa pertumbuhannya. Tidak seperti pohon pesaingnya yaitu Jati yang sangat lama.

Karena hal inilah orang yang membutuhkan kayu Trembesi gak perlu kesulitan memberoleh produk kayu trembesi ataupun mentahannya. Pohon Trembesi sendiri bisa tumbuh sampai ukuran 4 meter. Umumnya jenis kayu Trembesi ini banyak dipakai sebagai kerajinan kayu terutama yang ukurannya besar.

Kalau kita lihat tampilan Trembesi, memang terkesan ada bagian tengah yang cukup gelap. Umumnya punya warna cokelat tua dengan garis hitamnya. Selain itu untuk pinggiran kayunya sendiri warnanya lebih putih gading. Jadi perbedaan batas kayu ini memang sangat kontras perbedaannya.

Sementara itu kalau berat kayunya sendiri memang cenderung sama seperti kayu akasia dan kayu jati. Untuk kisaran beratnya itu 0,6 kg per meter kubik. Dengan berat inilah membuat kayu Trembesi tergolong dalam jenis kayu berat.

Lalu kalau tingkat keawetan kayu Trembesi, maka masih berada dalam keas IV. Sementara itu kalau dari segi kekuatan ada di kelas III. Walaupun kepadatan kayunya masih dibawah kayu jati, tetap saja memiliki kualitas yang bagus. Jadi banyak dipakai buat alternatif kayu jati.

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Trembesi

Untuk kelebihan pertama dari kayu Trembesi yaitu ukurannya yang cukup lebar. Kayu Trembesi itu bisa tumbuh sampai ukuran 1,5 meter. Ukuran inilah yang membuat kayu Trembesi banyak dimanfaatkan buat meja makan. Bahkan kita gak perlu melakukan sambungan papan kayu sekaligus.

Selain itu produk kayu Trembesi ini memang membuat kesan tangguh yang sangat menonjol. Anda gak akan menemukan komponen kayu trembesi yang ketebalannya sedikit. Paling tidak kita bisa menemukan olahan kayu Trembesi dengan ketebalan 4-15 cm.

Kelebihan lain dari kayu Trembesi yaitu masa tumbuhnya yang begitu cepat. Hal ini uang membuatnya mampu melakukan penyerapan udara.

Lalu bagaimana dengan kekurangan kayu Trembesi? Untuk kekurangan utama dari kayu Trembesi yaitu tingkatatan awet dan kuatnya yang sebenarnya rentan hama. Sering sekali terkena rayap, jamur bahkan sampai kutu bubuk.

Selain itu karena kekuatannya yang hanya berada di kelas III, maka membuatnya gak bisa menahan beban yang berat banget. Karena hal ini membuat kayu Trembesi bakalan lebih cocok dipakai buat lemari atau meja saja. Kalai buat material bangunan dirasa kurang tepat.

Manfaat Kayu Trembesi

Daftar Harga Kayu Trembesi Per Kubik Gelondongan Meter Terbaru 2020

Kalau dipasaran, kayu Trembesi bisa digunakan untuk membuat berbagai macam jenis kebutuhan furnitur. Maka dari itu kita bisa menemukan harga meja kayu trembesi tebal besar, harga meja makan kayu trembesi utuh, harga meja kayu solid trembesi, bangku kayu trembesi sampai furniture kayu trembesi.

Para penjual kayu trembesi juga banyak yang menjual kayu usuk trembesi, log kayu trembesi, meja antik kayu trembesi, meja tv kayu trembesi dan pintu kayu trembesi.

Kayu Trembesi di Pasaran

Kalau Anda mencari dipasaran, maka saya yakin bisa menemukan banyak tawaran kayu Trembesi. Umumnya akan ada penawaran harga kayu trembesi per kubik atau per m3, harga kayu trembesi gelondongan, per lembar, utuh, dan berbagai ukuran jual lainnya.

Untuk contohnya kita bisa ambil dari harga trembesi dengan ukuran 400 cm x 105 cm x 10 cm yang dihargai Rp. 16.900.000-an. Ada juga yang menjual dalam bentuk papan dengan ukuran 40 cm yaitu Rp. 345.000-an.

Setelah kita melihat bagaimana karakteristik kayu Trembesi, maka memang pantas apabila dijadikan sebagai bahan alternati kayu Jati. Tapi sebelum Anda memutuskan benar-benar memakainya, wajib melihat kelebihan dan kekurangan kayu trembesi, apakah sesuai atau tidak dengan keperluan Anda. Hal ini sendiri memang sangat perlu dilakukan supaya setelah pembelian, maka gak sia-sia karena kayu trembesi yang dibeli sesuai kebutuhan.

Supaya pas beli lebih pas dan bisa memilih yang kualitasnya paling bagus, usahakan langsung mengunjungi distributornya. Disana pasti Anda akan dapat memilih sendiri kayu Trembesi dengan kualitas bagus. Demikianlah pembahasan terlengkap dari Infohargamaterial mengenai kayu Trembesi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *