Biaya Jasa Arsitek Dan Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyewa Arsitek Terbaru 2020

By | 27 Desember 2019

Jasa Arsitek – Sangat diperlukan desain yang baik agar hunian menjadi tempat yang layak untuk kamu huni. Baik itu dari sisi kenyamanan, kesehatan, dan juga keamanan bangunan. Maka karena itu, pemakaian jasa arsitek untuk mendesain rumah kamu menjadi salah satu solusi terbaik yang bisa di lakukan. Dengan menggunakan jasa arsitek ini, maka perencanaan dan juga pembangunan akan menjadi lebih optimal dan berbagai kesalahan dalam proses pengerjaan nantinya pun dapat lebih diminimalisir. Akan tetapi memang ada kelebihan dan kekurangan dari menyewa jasa arsitek seperti yang akan saya bahas.

Di kesempatan kali ini, infohargamaterial seperti yang telah saya katakan sebelumnya aksn mengenai pembahasan jasa arsitek. Baik itu berupa berapa biaya yang bisa di keluarkan sampai rumah jadi. Ataupun bagi kamu yang ingin mengira-ira sebenarnya berapa banyak biasay yang perlu di keeluarkan untuk menyewa arsitek juga akan saya jelaskan. Dan kamu semua yang sudah penasaran tentang biaya jasa arsitek rumah, akan saya jelaskan secara lengkap untuk anda semua. Tetapi, sebelum kamu mengetahui biayanya, sebelumnya kamu juga harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum menyewa jasa arsitek.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyewa Jasa Arsitek

Biaya Jasa Arsitek Dan Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyewa Arsitek Terbaru 2020

Patinya kamu gak mau dong, sudah bikin rencarna anggaran tapi ternyata jebol lantaran salah beberapa perhitungan. Meski begitu, kita pun juga gak bisa untuk asal pakai jasa arsitek yang belum terbukti. Bukan mustahil juga arsitek itu bertindak malpraktik, yang akan membuat bujet kita jadinya jebol. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum menyewa jasa arsitek:

1. Tarif arsitek

Biasanya, tarif arsitek bisa dibedakan menjadi beberapa hal menurut:

  • Jam konsultasi.
  • Luas bangunan.
  • Jenis bangunan.
  • Persentase biaya konstruksi.

Untuk melihat patokan tarif ini, kita bisa langsung menghubungi asosiasi profesi arsitek yang ada di tempat kita. Umumnya, akan ada tarif yang disepakati bersama oleh arsitek yang ada di organisasi tersebut.

2. Asosiasi arsitek

Berhubungan dengan poin yang sebelumnya kita bahas di atas. Sebaiknya kita mencari arsitek yang tergabung ke dalam suatu asosiasi yang resmi. Hal ini gunanya, agar tarifnya bisa lebih transparan. Selain itu juga kalau nantinya ada apa-apa, kita bisa langsung mengadu ke asosiasi arsitek tersebut. Asosiasi ini tentunya akan membantu mencarikan berbagai solusi atas masalah yang akan kita adukan.

3. Revisi

Sebelum pembangunan akan dimulai, arsitek akan memberikan beberapa proposal desain ke kita. Tapi, desain di dalam proposal itu gak sesuai dengan selera kita. Maka kita bisa memberikan beberapa masukan. Bahkan kita memang harus memberikannya, karena yang akan tinggal di rumah itu ka kita bukannya si arsitek. Selain itu, di tengah jalan biasanya arsitek akan merevisi proposal walaupun sebelumnya sudah disetujui. Tentunya, revisi semacam ini akan dilakukan harus dengan persetujuan kita.

4. Kontrak kerja

Setelah proposal desain telah kita setujui, langkah selanjutnya adalah dengan menyetujui kontrak kerja. Dalam perjanjian ini akan diatur berapa banyak biaya arsitek dan juga hak plus kewajiban dari masing-masing pihak. Kontrak ini biasanya akan disediakan oleh si arsitek. Karena itu, kita mestialu sel mencermatinya dengan sungguh-sungguh. Jangan sampai kamu malas baca, bisa-bisa nanti celaka.

5. Menghubungi kontraktor

Umumnya, arsitek juga akan mencarikan kontraktor buat pembangunan rumah kita. Sebab, mereka pastinya sudah punya jaringan bisnis yang tergolong mapan. Tapi kita bisa juga kok mencari sendiri kontraktor itu. Kalau dicarikan, mungkinterlebih dahulu kita minta data kontraktor tersebut. Lihat juga rekam jejak proyek yang telah dikerjakan sebelumnya dan liha juga hasilnya. Jangan lupa juga untuk mendiskusikan biayanya, siapa tahu nanti kalau sepakat arsitek-kontraktor maka upah borongan bangunan nantinya bisa jadi lebih murah. Nanti biaya untuk harga genteng, pagar besi, keramik lantai, kanopi baja ringan, ataupun kalau nantinya memakai wallpaper dinding juga pastinya akan lebih murah juga.

6. Selama pembangunan

Meski sudah ditangani oleh kontraktor dan arsitek, bukan lantas kita bisa untuk berpangku tangan menunggu hasil pembangunan. Kita disini tetap mesti rutin untuk menengok proses pembangunan. Gunanya, selain untuk memastikan pembangunan berjalan lancar dengan lancar, kita juga bisa ngobrol langsung dengan tukang di lapangan. Dari obrolan itupun bisa kita ketahui soal proses pembangunan, termasuk juga harga-harga material. Jadi, kita bisa sekalian juga tuh cross check data harga material dari arsitek yang ada di lapangan. Ini juga buat mengantisipasi mark-up harga.

7. Masa retensi

Kontraktor dan arsitek yang bagus akan pasti akan memberikan masa retensi seusai dengan pembangunan. Masa retensi ini sama seperti garansi kalau misalnya kita beli gadget. Pada umumnya, masa retensi akan diberikan selama 3 bulan. Garansi ini bisa mencakup atap bocor, tembok retak, engsel rusak, pagar goyang, dan lain sebagainya. Tanyakan soal masa retensi ini langsung ke arsitek sebelum kamu menandatangani perjanjian.

Itulahbeberapa hal yang perlu kita tahu dulu sebelum menyewa jasa arsitek. Urusan pembangunan rumah emang gak bisa ditangani secara sembarangan ya guys. Mending keluar duit lebih banyak saat di awal buat bayar jasa arsitek ini. Daripada nanti kelak menyesal karena rumah yang sudah di bangun gak sesuai dengan keinginan kita. Tapi, kalau memang dana kamu terbatas, ada lho jasa arsitek secara gratis. Jasa ini disediakan oleh pemerintah lho. Tapi, tentunya kita juga harus memastikan kualitas arsiteknya itu dulu sebelum menggunakan jasanya. Dan utnuk desain yang bisa di pilih adalah desain rumah minimalis yang kekinian.

Biaya Jasa Arsitek Rumah Terbaru

Biaya Jasa Arsitek Dan Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyewa Arsitek Terbaru 2020

Setelah kamu mempertimbangkan berbagai hal di atas tadi. Kamu selanjutnya bisa menetapkan arsitek pilihan, kamu dapat memperkirakan juga biaya untuk jasa arsiteknya saat ini. Terdapat dua cara yang dapat digunakan untuk menghitung anggaran jasa arsitek. Yaitu dengan cara persentase berdasarkan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan juga harga per meter persegi.

Lalu, bagaimanakah cara menghitung anggarannya? Berikut ini akan ada pembahasan ilustrasi cara menghitung jasa arsitek dengan contoh asumsi sebagai berikut:

  • Luas tanah 160 m2(8×20 m).
  • Bangunan rumah tinggal pribadi dengan luas area 200 m2.
Biaya Jasa Arsitek Dan Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyewa Arsitek Terbaru 2020

Sumber : https://blog.bluprin.com/

1. Persentase Berdasarkan Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Pertama, kamu tentukan kategori bangunan yang telah dibagi berdasarkan dalam kategori kepemilikan dan fungsi bangunan. Dengan mengacu pada Tabel Perhitungan Imbalan Jasa Arsitek yang ada pada halaman website resmi IAI, rumah tinggal pribadi telah masuk pada Kategori 3. Berikut adalah cara menghitungnya dengan asumsi biaya konstruksi sebesar 4.500.000 / m2:

Biaya Jasa Arsitek Dan Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyewa Arsitek Terbaru 2020

Jadi, diketahui dengan luasan hunian 200 m2 dan juga kisaran nilai proyek 900 juta, maka dapat kita ketahui harga arsitek berkisar sampai dengan 58 juta.

2. Harga Per Meter Persegi Luas Terdesain

Selain dengan perhitungan yang berdasarkan nilai proyek, kisaran untuk biaya jasa arsitek ini juga dapat diestimasi melalui harga jasa per meter persegi bangunan. Kita dapat mengambil contoh perhitungan yang sebelumnya, didapatkan harga arsitek per meter perseginya adalah Rp. 58.000.000 : 200 m-2 = 290 ribu/m2. Pada umumnya, kisaran biaya jasa arsitek ini berkisar diantara 200-750ribu/m2. Tetapi, beberapa arsitek ada yang menentukan tarif diatas ataupun dibawah kisaran harga tersebut. Perbedaan harga ini biasanya dipengaruhi oleh pengalaman serta kemampuan arsitek dalam mendesain rumah. Tentunya, tarif desain ini dapat bervariasi tergantung juga dengan luasan, lingkup pekerjaan dan kategori proyek yang akan dilaksanakan.

Video Kenapa Harus Memakai Jasa Arsitek

Demikianlah pembahasan yang dapat saya lakukan dalam kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan kamu bisa segera menentukan perencanaan biaya untuk arsitek pilihan kamu. Dan setelah menemukan arsitek pilihan, kamu juga harus menentukan desain kamar mandi, berbagai desain ruang lainnya. Serta juga nantinya memilih berbagai cat tembok kualitas terbaik. Apabila kamu ingin mendapatkan berbagai macam pembahasan lainnya mengenai dunia permaterialan, maka kunjungi selalu website infohargamaterial. Karena disini akan di bahas secara rinci disertai informasi paling baru. Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *